Kamis, 14 Oktober 2010

Pengertian Osmoregulasi dan difusi

Menurut Isnaeni (2006), pengertian osmoregulasi adalah proses untuk menjaga keseimbangan antara jumlah air dan zat terlarut yang ada pada tubuh hewan.
Menurut Kordi (2008), osmoregulasi merupakan pertukaran air dari dan kedalam tubuh hewan. Osmoregulasi berasal dari kata Osmo dan Regulasi. Osmosis adalah upaya hewan air untuk mengontrol keseimbangan air dan ion antara tubuh dan lingkungan atau suatu proses pengaturan tekanan osmose.
Pengertian Difusi
Perpindahan molekul pada gas dan cair disebut difusi. Difusi adalah perpindahan molekul dari daerah yang memiliki konsentrasi yang lebih tinggi menuju konsentrasi yang lebih rendah. Konsentrasi gradien menurun (Kee, 2001).
Difusi adalah penyebaran, disini penyebaran molekul – molekul suatu zat. Penyebaran itu ditimbulkan oleh suatu gaya yang identif dengan energi kinetik tersebut. Baik gas maupun zat cair dan zat padat molekul – molekulnya ada kecenderungan untuk menyebar, mesra kesegala arah sampai dimana – mana terdapat konsentrasi yang sama dari ketiga macam zat tersebut maka gaslah yang paling berdifusi (Dwidjoseputro, 1992).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar